Halaman Kritik dan Saran
Kritik dan Saran
Halaman RSS
Subscribe
Halaman Facebook
Facebook
Halaman Twitter
Twitter
Halaman Google +
Google +
Pasang Iklan I Hubungi Saya I Profile I Fans Page I DisClaimer I SiteMap
Home » » Professi Yang Kemungkinan Akan Diganti Dengan Mesin

Professi Yang Kemungkinan Akan Diganti Dengan Mesin

Unknown on Wednesday, January 29, 2014 | 11:23 PM

Advertise Here

Ilustrasi Bekerja di Kantor

Seiring berjalannya waktu dan semakin canggihnya teknologi, pekerjaan yang semulanya dikerjakan oleh manusia diprediksi akan tergantikan oleh mesin.

Hal demikian telah diprekdisikan oleh Glassdoor, sebuah situs komunitas pencari kerja, otomatisasi akan meningkat drastis pada tahun 2033 mendatang. Pada saat itu, Glassdoor mengklaim sebanyak 47 persen dari pekerjaan yang ada saat ini akan diambil alih oleh tenaga mesin.

Menurut Dobroski, ada beberapa jenis pekerjaan dengan keterampilan rendah, seperti telemarketer, dapat digantikan dengan mudah oleh tenaga mesin. Namun, pekerjaan yang membutuhkan kreativitas atau kemampuan sosial tinggi tidak akan tergantikan dengan mudah.

Nah, berikut ini adalah prediksi pekerjaan-pekerjaan yang bisa saja punah karena tergantikan oleh tenaga mesin dalam beberapa tahun mendatang.

1. Teller bank
Adanya anjungan tunai mandiri (ATM) nasabah tidak perlu lagi datang ke bank untuk setor , transfer dan mengambil uang tunai. 

Menurut Mark Gilder, Director of Distribution Strategy Citibank, saat ini setidaknya 85 persen pekerjaan teller bank dapat dilakukan di ATM.

Meskipun begitu, jenis pekerjaan ini masih belum digantikan oleh mesin sepenuhnya. Menurut Bureau of Labor Statistics (BLS) AS, tidak ada perubahan yang terlalu signifikan pada jumlah tenaga kerja ini hingga tahun 2022 mendatang.

2. Kasir
Kasir merupakan salah satu contoh lain pekerjaan yang dapat digantikan dengan mesin. Beberapa toko besar di AS dan negara-negara Barat lainnya sudah menyediakan sebuah mesin khusus untuk layanan mandiri para pembelinya.

Nantinya, para pembeli bisa memindai dan melakukan pembayaran secara mandiri melalui mesin tersebut. Hingga saat ini, mesin mandiri tersebut diketahui sudah berjumlah 430.000 unit di seluruh dunia, meningkat hingga empat kali lipatnya dari tahun 2008 lalu.

3. Resepsionis
Tugas menerima panggilan telepon yang biasanya dimiliki oleh resepsionis saat ini sudah mulai dikerjakan oleh mesin penjawab atau sistem asisten virtual. Salah satu sistem yang mulai terkenal adalah virtual receptionist.

Di negara dengan teknologi maju seperti Jepang, peran resepsionis bahkan sudah tergantikan robot sungguhan.  

4. Tukang pos
Peran surat berbentuk fisik saat ini sudah tergantikan oleh adanya e-mail atau surat elektronik (SMS). Selain lebih hemat, tidak menggunakan prangko, kertas, dan lain-lain, e-mail dapat terkirim hanya dalam hitungan detik saja.

5. Juru ketik
Peran juru ketik di masa depan diprediksi akan tergantikan oleh mesin atau software pengenal suara. Saat ini, para ahli dan perusahaan teknologi raksasa terus mengembangkan dan menyempurnakan sistem tersebut. 

Nah, itu bebrapa pekerjaan yang diprekdisikan akan tergantikan oleh mesin. Tapi jangan khawatir meskipun bisa dilakukan dengan menggunakan mesin kesemuanya itu tidak secara totalitas menggunakan mesin semua. 
sumber: kompas

1 comments:

  1. Ya memang sebagian pekerjaan sudah tergantikan oleh mesin, contohnya surat menyurat sekarang sudah ada yang lebih cepat dan murah yakni sms, email dan fax. tapi ya tidak semuanya lah dapat tergantikan oleh mesin.

    ReplyDelete

Terimakasih Komentarnya

 
Penulis I Privacy Policy I Versi Mobile I Info Iklan I T.O.S I Daftar Isi
Copyright © 2011 - 2014 Blog Manis All rights reserved | Blogger.com
Desain : Cobainfo | Optimized by Blog Manis