Halaman Kritik dan Saran
Kritik dan Saran
Halaman RSS
Subscribe
Halaman Facebook
Facebook
Halaman Twitter
Twitter
Halaman Google +
Google +
Pasang Iklan I Hubungi Saya I Profile I Fans Page I DisClaimer I SiteMap
Home » » Beberapa Hal Yang Perlu Dihindari Setelah Makan

Beberapa Hal Yang Perlu Dihindari Setelah Makan

Unknown on Tuesday, January 28, 2014 | 7:19 AM

Advertise Here

Kesehatan merupakan suatu aset terbesar dalam hidup kita. sedikitpun kesehatan kita terganggu maka akan membuat tidak nyaman kita dalam beraktifitas. Oleh karena itu blog manis mengajak pembaca sekalian untuk hidup yang sehat.
Ilustrasi

Kita sepakat bahwa makanan yang sehat adalah salah satu penunjang terjaganya kebugaran tubuh ini. Namun ada beberapa hal yang seringkali tidak kita sadari dari aktivitas kita setelah makan yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan kita.

Blog manis akan berbagi beberapa hal yang harus pembaca hindari setelah makan, agar makanan yang kita konsumsi benar-benar memberikan manfaat untuk tubuh kita bukan malah menjadi sumber penyakit untuk tubuh kita.

1. Minum air dingin
Sering tidak kita sadari setelah makan atau bahkan bareng dengan makan kita minum minuman yang dingin, karena memang enak dan nikmat. tapi perlu anda ketahui bahwa suhu dingin yang berkondesasi dengan air dapat membekukan makanan, terutama yg mengandung minyak. Sehingga lemak yang beku dapat tertimbun dalam usus yang mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan sehingga berujung pada kegemukan. Nah, mulai sekarang mulailah hidup sehat dengan mengusahakan agar tidak minum es ketika makan atau sesudah makan, gantilah dengan minum minuman yang hangat.

2. Makan buah-buahan
Cuci mulut. Nah, itu kata yang sering kita dengarkan atau yang kita lakukan setelah makan. Biasanya cuci mulut dengan memakan buah-buahan. Tapi perlu anda ketahui setelah makanan masuk ke lambung, lambung membutuhkan waktu 1-2 jam untuk mencerna, jika setelah makan lalu menyantap buah, maka buah akan terhambat oleh makanan yg telah lebih dulu disantap, akibatnya buah-buahan tidak bisa dicerna secara normal. Jika berlangsung lama, akan menyebabkan gejala perut kembung, diare atau susah buang air besar dan asam lambung berlebih.

3. Minum teh
Air teh memang cocok untuk diminum setelah makan, karena memang nikmat sekali. Akan tetapi pelu anda ketahui bahwa air teh itu dapat mengencerkan getah lambung, akibatnya mempengaruhi pencernaan makanan. Selain itu, daun teh banyak mengandung tanin (asam tanat), jika minum teh sehabis makan, akan membuat protein yang belum sempat dicerna lambung menyatu dengan asam tanat dan membentuk sedimen yang tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhi serapan protein. Teh jg dpt menghambat serapan zat besi, jika keadaan demikian berlangsung lama dapat terjadi gejala anemia karena kurang zat besi.

4. Merokok
Peringatan "Rokok membunuhmu" itu slogan iklan rokok saat ini. Bahaya merokok sehabis makan lebih besar 10 kali lipat dibanding hari-hari biasa! mengapa demikian? hal ini dikarenakan peredaran darah pada saluran pencernaan sehabis makan meningkat, akibatnya sejumlah besar kandungan dalam rokok yang tidak baik bagi kesehatan diserap, sehingga bisa merusak hati, otak besar dan pembuluh darah jantung dan jg menyebabkan penyakit lainnya pada aspek-aspek terkait ini.

5. Mengendorkan ikat pinggang 
Mengendorkan ikat pinggang stelah makan, meskipun terasa lebih nyaman, tapi hal tersebut dapat mengakibatkan turunnya tekanan dalam rongga perut, yang memaksa lambung turun. Jika kebiasan tersebut terus dilakukan, maka akan benar-benar mengidap penyakit lambung turun atau menyebabkan usus terbelit dan terblokir.

6. Langsung tidur
Setelah makan memang rasa kantuk itu datang sangat luar bisa dan sering kali kita tidak sanggup untuk menahan kantuk tersebut. Apalagi jika makanan yang baru saja dikonsumsi sangat memuaskan perut dalam arti lain sangat mengenyangkan. Namun, cobalah untuk tdk mengikuti rasa kantuk Anda. Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

Nah, itu beberapa hal yang perlu kita dihindari setelah makan. Tentunya hal hal diatas adalah efek jangka panjang sehingga perlu kita cegah sedini mungkin sebelum penyakit itu menghampiri tubuh kita.

No Responses to "Beberapa Hal Yang Perlu Dihindari Setelah Makan"

Terimakasih Komentarnya

Beberapa Hal Yang Perlu Dihindari Setelah Makan

 
Penulis I Privacy Policy I Versi Mobile I Info Iklan I T.O.S I Daftar Isi
Copyright © 2011 - 2014 Blog Manis All rights reserved | Blogger.com
Desain : Cobainfo | Optimized by Blog Manis