Halaman Kritik dan Saran
Kritik dan Saran
Halaman RSS
Subscribe
Halaman Facebook
Facebook
Halaman Twitter
Twitter
Halaman Google +
Google +
Pasang Iklan I Hubungi Saya I Profile I Fans Page I DisClaimer I SiteMap
Home » » KRI Usman Harun yang Canggih

KRI Usman Harun yang Canggih

Unknown on Thursday, February 13, 2014 | 1:16 AM

Advertise Here

Tiga korvet baru TNI AL, salah satunya KRI Usman Harun yang namanya diprotes Singapura
Satu dari tiga kapal perang baru Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) dinamai sesuai nama pahlawan Dwikora, Sersan Usman Haji Mohamad Ali dan Kopral Harun Said. Secanggih apa KRI "pesanan Brunei" yang namanya masih dipermasalahkan oleh Singapura ini? Tubuhnya yang mungil ternyata mampu melaju bak kancil. Persenjataannya pun lengkap dan canggih.   

Kapal perang tipe F-2000 Class bikinan perusahaan Inggris, BAE Systems Marine ini sebenarnya bukan barang baru. Dia barang bekas yang belum pernah dipakai pemesannya. Ya, KRI yang masuk kategori kapal patroli lepas pantai jenis korvet ini dibuat atas pesanan Angkatan Laut Kerajaan Brunei Darussalam. Namun, ketika pesanan hendak diserahkan pada Juni 2007, pihak Kerajaan Brunei memutuskan perjanjian dengan banyak alasan. Padahal, Brunei sudah sempat menamai kapal ini dengan Nakhoda Ragam Class. 

Simpang-siur kabar, mengapa Brunei menolak mengambil kapal ini. Sejumlah pengamat militer bilang, korvet ini punya cacat teknis, yaitu bergetar dan agak miring ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Maklum, ukurannya kecil, tapi diisi sistem persenjataan yang besar. Getaran kapal tersebut dikhawatirkan mempengaruhi keakuratan daya tembak. Ada juga yang menyebut, Brunei tidak punya operator yang bisa diandalkan untuk mengoperasikan kapal korvet tersebut. 

Hampir lima tahun, pembuatnya mencari pembeli baru, sampai akhirnya Indonesia menyatakan tertarik membeli, untuk dioperasikan pada 2013-2014. Sebelumnya, beberapa negara sempat menawar kapal perang ini karena tertarik pada harganya yang relatif miring, yaitu sekitar 380 juta dolar AS untuk 3 kapal dengan perlengkapan tempur dan aviasi yang terhitung sangat modern. Harga itu tergolong miring, misalnya jika dibandingkan dengan harga 4 korvet Sigma Class Belanda yang dibanderol 680 juta dolar AS. 


Di samping alasan harga yang cukup ekonomis, Indonesia sendiri tertarik mengangkut tiga korvet ini karena bisa diintegrasikan dengan sistem 4 korvet Sigma Class (Diponegoro Class), 4 korvet Sigma Class, 6 fregat Van Speijk Class (Ahmad Yani Class), 3 fregat Fatahillah Class, 1 fregat Ki Hajar Dewantara Class, dan 16 korvet Parchim Class (Pattimura Class) yang telah dimiliki TNI AL. Jadi, pendek kata, kloplah dengan kebutuhan nasional. 

KRI Usman Harun memiliki banyak senjata andalan. Diantaranya meriam oto melara yang terpasang di dek depan untuk menahan serangan meriam kapal lawan dan serangan udara, yang mampu menembakkan 110 butir amunisi pada jarak tembak 16 km. Ada juga misil MBDA Exocet Block II anti-ship yang mampu melesat hingga 72 km dengan kecepatan 1,134 km per jam, dan VL MICA anti-air yang sanggup terbang hingga 80 km untuk menjatuhkan serangan pesawat tempur. Berikut spesifikasi lengkap persenjataan dan sistem navigasi kapal yang digerakkan oleh empat mesin MAN 20 RK270 (dipasang di kedua sisi kapal, bisa mencapai kecepatan 30 knot) ini:  

• 2 x 4 rudal antikapal MBDA Exocet MM40 Block II
• Rudal antipesawat VLS Mica.
• 1 x meriam Oto Melara 76 mm gun
• 2 x meriam MSI Defence DS 30B REMSIG 30mm guns
• 2 x 3 torpedo 324 mm Sting Ray
• Sensor kapal/pesawat Thales Sensors Cutlass 242 countermeasures
• Radamec 2500 electro-optic weapons director.
• Thales Underwater Systems TMS 4130C1 hull-mounted sonar
• BAE Sys Insyte AWS-9 3D E & F-band air & surface radar
• BAE Insyte 1802SW I/J-band radar trackers
• Kelvin Hughes Type 1007 navigation radar
• Thales Nederland Scout radar for surface search.

sumber:sayangi.com

No Responses to "KRI Usman Harun yang Canggih"

Terimakasih Komentarnya

KRI Usman Harun yang Canggih

 
Penulis I Privacy Policy I Versi Mobile I Info Iklan I T.O.S I Daftar Isi
Copyright © 2011 - 2014 Blog Manis All rights reserved | Blogger.com
Desain : Cobainfo | Optimized by Blog Manis