Halaman Kritik dan Saran
Kritik dan Saran
Halaman RSS
Subscribe
Halaman Facebook
Facebook
Halaman Twitter
Twitter
Halaman Google +
Google +
Pasang Iklan I Hubungi Saya I Profile I Fans Page I DisClaimer I SiteMap
Home » » Gigi ngilu saat makan dan minum yang dingin, waspadai gigi sensitif

Gigi ngilu saat makan dan minum yang dingin, waspadai gigi sensitif

Unknown on Saturday, February 8, 2014 | 9:38 AM

Advertise Here

Ilustrasi Gigi Sensitif
Anda sering mengalami rasa ngilu yang sangat luar biasa ketika mengkonsumsi makanan dan minuman yang dingin atau bahkan makanan yang panas dan asam sekalipun, mungkin anda mengalami gigi sensisitif. Kondisi gigi yang seperti ini sering ditemukan di Indonesia. seperti yang dilaporkan IPSOS Indonesia Toothpasini Benchmark Tracking Report, sebanyak 45% dari populasi di Indonesia menderita gigi sensitif dan kebanyakan penderitanya adalah pria dan wanita dengan umur 20-45 tahun.

Apa yang menjadi peyebab utama gigi sensitif? Penyebab utamanya adalah terkikisnya lapisan luar gigi (email) sehingga lapisan dalam (dentin) gigi lebih terekspos. Dentin merupakan lapisan gigi yang lebih sensitif dan memiliki lubang-lubang berbentuk tabung mikroskopik yang terhubung dengan syaraf gigi. Tabung-tabung tersebut berisi cairan yang akan bergerak dan menyentuh syaraf ketika stimulus dari makanan panas, dingin dan manis menyentuhnya sehingga timbul rasa ngilu.

Lalu mengapa email gigi dapat terkikis? karena terlalu seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang asam dan kebiasaan menyikat gigi yang salah, yakni menggunakan sikat gigi yang bulu sikatnya keras atau menyikat gigi dengan tekanan kuat agar gigi lebih bersih. Namun faktanya kebiasaan ini akan menyebabkan email gigi lebih cepat terkikis.

Selain itu penyebab lainnya adalah karena proses pemutihan gigi. Proses pemutihan gigi menggunakan bahan yang mengandung hydrogen peroxide dan carbamide hydroxide akan membuat email terkikis dan gigi menjadi lebih sensitif.

Untuk mengurangi kesensitifan gigi dan agar dapat menikmati berbagai makanan favorit tanpa rasa ngilu, gigi sensitif perlu dirawat secara khusus. Cobalah kurangi konsumsi makanan yang mengandung asam dan ubah kebiasaan menyikat gigi. Gunakan sikat gigi berbulu lembut dan sikatlah gigi perlahan-lahan dengan gerakan memutar.

Dokter gigi juga menganjurkan penderita gigi sensitif untuk menggunakan pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk perawatan gigi sensitif. Penggunaan pasta gigi khusus gigi sensitif telah terbukti secara klinis mengurangi rasa ngilu dan memperbaiki kondisi gigi pada banyak kasus.
Sumber: detik

No Responses to "Gigi ngilu saat makan dan minum yang dingin, waspadai gigi sensitif"

Terimakasih Komentarnya

Gigi ngilu saat makan dan minum yang dingin, waspadai gigi sensitif

 
Penulis I Privacy Policy I Versi Mobile I Info Iklan I T.O.S I Daftar Isi
Copyright © 2011 - 2014 Blog Manis All rights reserved | Blogger.com
Desain : Cobainfo | Optimized by Blog Manis